Selamat siang
lurr,
Ketemu lagi
kita bersua setelah beberapa hari tidak post artikel dimari di Blog
MADTREEC.
Nich Bang
Mimin ingin berbagi pengalaman dalam perawatan part kendaraan yang kita sayangi.....
Ora bojo tok lur sing disayang.... motor pun juga perlu disayang....
hehehe.....
Kali ini Bang
Mimin ingin mengulas tentang part kendaraan yang cukup penting berperan saat
kita berkendara. Yups.... Part itu sistem pengereman khususnya Rem Cakram.
Sistem
pengeraman sangat penting saat kita berkendara, tentunya untuk mengurangi
kecepatan kita saat berada di jalan raya. Kita seringkali mengabaikan
kebersihan area sistem pengereman terutama Kaliper atau rumah piston kampas
rem. Terkadang pula luput dari pengawasan, sering kali kampas rem cakram telat
kita ganti sehingga membuat piringan cakram menjadi tidak rata dan membuat alur
putar pada piringan cakram tersebut.
Nahhh...
mumpung kita bahas, mari bersama-sama kita luangkan untuk mengecek dan
membersihkan kaliper rem cakram depan dan belakang. Siapa tau motor sedulur
disini ada yang luput perawatan.
Alat-alat yang
digunakan tidak terlalu rumit lur termasuk penggerjaannya juga gampang,
sebagian dri kita pasti punya alat yang digunakan. Opo ae to lur alate???
Siapkan saja lur....
1.
Kunci L bawaan pabrikan (untuk membuka baut Dudukan
kaliper Cakram depan)
2.
Kunci T 8 (untuk membuka baut pengunci kampas Rem
Cakram depan)
3.
Kunci Ring / Pas (untuk membuka kaliper cakram belakang
)
4.
Ember berisi air bersih, sabun colek, dan Sikat gigi
bekas untuk membersihkan kaliper rem cakram )
5.
Lap bersih dan bisa juga kompresor untuk menghilangkan
sisa air
Cara pertama
tentunya lepas kaliper terlebih dahulu lur, lepaskan juga kampas rem dari
posisinya.
Cek apakah
masih layak digunakan atau tidak kampas rem tersebut cek juga part lain seperti
seal dudukan kampas rem, klo sudah tidak layak monggo diganti lur tentunya
dengan memakai Genuine Part Asli HONDA lur biar lebih terjamin kualitasnya.
Atau monggo diganti dengan yang lain tapi resiko tanggung sendiri yo lurr....
hehehe....
Selanjutnya
bersihkan rumah piston atau kaliper rem dengan air sabun lur sikat sampai
bersih juga supaya kotoran hilang dan tidak mengganggu kinerja piston cakram,
pembersihan rumah piston bisa juga menggunakan bensin lur sebagai pengganti air
sabun, tapi ojo diobong yo lur bare iku. Hehe...
Setelah selesai
mencuci rumah piston / kaliper lur lap – lap sampai mengkilap lur bisa buat
ngaca pistonnya sampai tidak ada sisa air bisa juga disemprot menggunakan kompresor
supaya air tidak menimbulkan karat di piston. Jangan lupa kasih juga pelumas
untuk rumah dudukan kampas rem lur.
Tips lainnya apabila kampas rem masih kondisinya masih layak pakai bisa dibersihkan pakai amplas lur dan juga piringan cakramnya bisa diamplas pula.
Setelah
semuanya selesai pasang ulang kampas bekas yang masih baik atau kampas baru
penggatinya. Usahakan pemasangan rumah piston / kaliper rem cakram kembali
seperti posisi semula lur supaya tidak miring.
Jika semuanya
sudah selesai, ojok lali lur sruput Pop es disik ben seeggeerrr....
Sekian dulu
lur ulasan mengenai tips merawat kaliper rumah piston rem cakram, semoga
bermanfaat ambil yang positif tambahi bila ada kekurangan benahi jika ada
kekeliruan/kesalahan lur....
Sekian,
wassalam....
Salam
seduluran Selawase kabeh sedulur
Josss tenan bang mimin mantep artikelY...!!
BalasHapus